RESMI.! Anggota DPD-RI 2024-2029 Dilantik.?

Edisi: 920
Halaman 5
Integritas |Independen |Kredibel

       Potret: KT|Properti

JAKARTA, KUPANG TIMES - sebanyak 152 anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia resmi dilantik, Selasa, (01/10/24). 

Pelantikan digelar dalam rapat paripurna dengan agenda pengucapan sumpah janji jabatan di Gedung MPR/DPR-RI, Senayan, Jakarta. 

Pimpinan rapat DPD-RI berasal dari unsur anggota tertua dan termuda, yaitu; Ismeth Abdullah dari Daerah Pemilihan Kepulauan Riau dengan usia 78 tahun dan Larasati Moriska dari Daerah Pemilihan Kalimantan Utara berusia 22 tahun 8 bulan. 

Pelantikan diawali dengan pembacaan Petikan Keputusan Presiden Nomor 115/P Tahun 2024 oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPD RI Rahman Hadi.

setelah itu, Ketua Mahkamah Agung, Muhammad Syarifuddin, menanyakan kesediaan para anggota DPD RI terpilih untuk dilantik. 

Para tokoh agama juga dihadirkan di lokasi pelantikan.

"apakah saudara-saudara bersedia bersumpah berjanji menurut agama saudara.?"|tanya Muhammad Syarifuddin (Ketua MA) 

"Bersedia,"|jawab para anggota DPD-RI yang dilantik.

"Patut saya ingatkan bahwa sumpah janji yang akan Saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia,"|Muhammad Syarifuddin (Ketua MA) 

Ketua MA mengingatkan bahwa; sumpah dan janji ini adalah terhadap Tuhan Yang Naha Esa dan manusia (rakyat Indonesia) yang harus ditepati. 

Kemudian, Ketua MA, memandu para anggota DPD-RI terpilih membacakan sumpah sesuai dengan keyakinan agamanya masing-masing. 

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945,"

"Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan."

"Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,"|Muhammad Syarifuddin (Ketua MA), yang di-ikuti oleh 152 anggota DPD-RI periode 2024-2029. 

Prosesi pelantikan kemudian dilanjutkan dengan penandatangan Berita Acara Sumpah Janji dan Pakta Integritas Anggota DPD-RI yang juga disaksikan Ketua MA dan para tokoh agama. 

acara Pelantikan tersebut, disaksikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, serta sejumlah tokoh lain dari Kabinet Indonesia Maju hingga ketua umum partai politik yang lolos ambang batas parlemen pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

BERSUARA KERAS untuk Demokrasi dan Keadilan dan Kejujuran.

Informasi Artikel:

| Konteks: Politik, 

| Penulis: W.J.B

| Sumber: MA, DPD-RI, Kemensetneg, 

| Penerbit: Kupang TIMES 

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Copyright © 2022 The Kupang Times Newsroom.com ™ Design By The Kupang Times Newsroom.com ®