POLITICAL OPINION: Zulhas: "Pemerintahan Prabowo Bakal Mirip seperti ORDE BARU,"

Edisi: 914
Halaman 1
Integritas |Independen |Kredibel

       Potret: Kemhan RI|Properti

JAKARTA, KUPANG TIMES - Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, mengatakan dan menilai, setiap pemimpin memiliki gaya masing-masing dalam menjalankan manajemen birokrasinya.

Zulhas, sapaan akrab Zulkifli, mengatakan Presiden terpilih Prabowo Subianto akan mengoperasikan roda pemerintahan dengan lebih fungsional.

"Kalau Pak Prabowo itu, menurut saya, mungkin nanti mirip manajemen birokrasi, seperti; Orde Baru,"

"Jadi fungsional.!"

"Kalau fungsional itu bisa tertib sebenarnya,"|Zulhas (Mendag RI), saat di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Senin, (23/09/24). 

Zulhas, memberikan pandangannya, saat ditanya, terkait solusi, dalam menangani keruwetan pembuatan aturan pemerintahan, misalnya; Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 36 Tahun 2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor, yang beberapa kali mengalami banyak perubahan dalam waktu dekat.

Zulhas, mengatakan, apabila pemerintahan berjalan dengan fungsional, maka keputusan bisa diambil langsung oleh Menteri Koordinator yang fokus di bidangnya. 

Ketua Umum PAN tersebut, menyinggung model pemerintahan serupa, yang pernah diterapkan oleh Presiden Ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono.

Zulhas, sedikit membandingkan dengan manajemen birokrasi saat ini, dirinya memuji Presiden Ke-7, Joko Widodo adalah Presiden yang sangat rinci dalam segala urusan. 

Zulhas, juga sedikit menyinggung, penanganan Pandemi COVID-19 dan pengendalian Inflasi sampai pada tingkat daerah akan sulit jika tidak punya Presiden seperti; Jokowi.

"Saya kira, jarang juga (presiden) sanggup detail gitu,"

"memang ada kelebihan dan kekurangan,"|Zulhas (Mendag RI) 

sementara ditempat lain, Ketua Harian Partai Gerinda, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan bahwa; dirinya tidak bisa menggambarkan gaya kepemimpinan Prabowo ke depan secara persis. 

Namun, Dasco, mengatakan, Ketua Umum Gerindra itu biasanya mau kerja cepat, akurat, dan langsung ke inti.

"Tetapi tidak melanggar ketentuan,"|Dasco (Kethar Gerindra), Selasa, (24/09/25). 

Orde Baru merupakan masa pemerintahan yang berlangsung pada periode 1966-1998 di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto. 

Zaman tersebut, dikenal dengan rezim yang bersifat militeristik. 

Stabilitas politik dan keamanan menjadi ciri khasnya.

Prabowo merupakan menantu dari Soeharto. 

Jenderal TNI tersebut, pernah menikah dengan putri Soeharto, Siti Hediati Haryadi /atau yang lebih dikenal sebagai Titiek Soeharto.

Nama, Prabowo Subianto, Mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopasus), kerap dirongrong soal kasus penculikan aktivis 1998, ketika dirinya masih aktif di dunia militer. 

Namun, Prabowo, dalam laporan utama majalah TEMPO edisi 28 Oktober 2013, mengatakan bahwa; dirinya telah mempertanggung-jawabkan perbuatan yang menjadi porsinya.

BERSUARA KERAS untuk Demokrasi dan Keadilan dan Kejujuran.

Informasi Artikel:

| Konteks: Opini, Sejarah, Politik, 

| Penulis: W.J.B

| Sumber: TCO, Kemendag RI, 

| Penerbit: Kupang TIMES 

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Copyright © 2022 The Kupang Times Newsroom.com ™ Design By The Kupang Times Newsroom.com ®