ini KRONOLOGI Lengkap Peristiwa Ledakan PAGER di Lebanon-Suriah dan ini REAKSI Dunia.?

Edisi: 909
Halaman 1
Integritas |Independen |Kredibel

       Potret: Pinterest|Properti

KUPANG TIMES - Situasi Menegangkan telah terjadi di Lebanon dan Suriah, hampir sepekan ini. 

Ribuan Pager, salah satu perangkat komunikasi nirkabel lawas yang masih digunakan di sana, serta walkie-talkie milik anggota Hizbullah meledak massal.

dikutip dari Associated Press, pager yang digunakan oleh warga sipil dan anggota Hizbullah meledak hampir bersamaan di beberapa wilayah di Lebanon serta Suriah, Selasa, (17/09/24).

ledakan pertama, menewaskan sedikitnya 12 orang, termasuk dua anak kecil, dan hampir 3.000 orang lainnya terluka, banyak di antaranya dalam kondisi kritis.

sehari setelahnya, tepatnya, Rabu, (18/09/24), lebih banyak ledakan pager, terjadi di Beirut dan beberapa wilayah bagian Lebanon. 

Kementerian Kesehatan Lebanon, mencatat, setidaknya 20 orang tewas dan 450 lainnya terluka, di ledakan kedua ini, dan meneror warga sipil setempat. 

Sabotase dari Israel.?

Kedua serangan tersebut diduga, dilakukan oleh Militer Israel. 

namun, hingga saat ini, militer Israel belum mengonfirmasi keterlibatannya dalam peristiwa tersebut. 

sebaliknya, Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, memberikan komentar terkait peristiwa tersebut.

Gallant, tidak mengaitkan pernyataan dengan apa yang terjadi di Lebanon. 

Gallant, mengatakan, Militer Israel menegaskan "pusat gravitasi" perang kini bergerak ke Utara Negeri itu. 

Israel Utara adalah tempat di mana perang setiap hari antara Israel dan Hizbullah, di mana keduanya kerap saling bertukar tembakan dan rudal.

"Pusat gravitasi bergerak ke utara, sumber daya sedang dialokasikan,"

"Kita berada di awal fase baru dalam perang..,"

"Ini membutuhkan keberanian, tekad dan ketekunan dari pihak kita,"|Gallant (Menhan Israel), saat berkunjung ke pangkalan udara Israel, dikutip AFP.

Pernyataan Gallant tersebut didukung Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dan Kepala Angkatan Bersenjata Israel, Letnan Jenderal. Herzi Halevi.

asal Pager yang digunakan Hizbullah.? 

dilansir dari The Guardian, Hizbullah memesan 5.000 pager yang dipasarkan oleh perusahaan berbasis di Taiwan, yang bernama Gold Apollo.

Ribuan pager, yang diidentifikasi model AR-924 tersebut, dilaporkan meledak massal dan disebutkan telah dimodifikasi oleh mata-mata Israel sejak tahap produksi.

namun, tidak ada indikasi bahwa; Gold Apollo yang berbasis di Taiwan menyadari bahwa; perangkatnya telah dirusak. 

Pendiri perusahaan tersebut, Hsu Ching-kuang, mengatakan, pager yang digunakan dalam serangan itu tidak diproduksi oleh Gold Apollo tetapi oleh BAC Consulting, perusahaan yang berbasis di Hungaria yang memiliki hak untuk menggunakan merek perusahaan Taiwan tersebut.

Namun, Cristiana Bársony-Arcidiacono, kepala eksekutif BAC, mengatakan kepada NBC bahwa; pihaknya tidak membuat pager. 

Cristiana, berdalih, BAC hanya merupakan perantara.

Jepang Bantah Sabotase Walkie-Talkie.? 

sementara itu, menurut gambar yang didapat di lokasi ledakan, walkie-talkie yang turut meledak di Lebanon, menunjukkan, label di panel dalam bertuliskan 'ICOM' dan 'made in Japan'.

dalam pernyataannya, ICOM, mengatakan, pihaknya mengetahui laporan soal walkie-talkie dengan stiker logo perusahaan telah meledak di Lebanon.

"Tidak mungkin bom dapat diintegrasikan ke dalam salah satu perangkat kami, selama proses pembuatan,"

"Prosesnya sangat otomatis dan cepat, jadi tidak ada waktu untuk hal-hal seperti itu,"|Yoshiki Enomoto (Direktur. ICOM) dikutip dari Reuters.

ICOM, mengatakan bahwa; mereka menghentikan produksi model radio yang diidentifikasi dalam ledakan tersebut, satu dekade lalu. 

ICOM, mengatakan bahwa; sebagian besar yang masih dijual adalah palsu.

"Jika ternyata palsu, maka kami harus menyelidiki bagaimana seseorang membuat bom yang mirip dengan produk kami,"

"Jika asli, kami harus melacak distribusinya untuk mengetahui bagaimana bom itu bisa ada di sana,"|Yoshiki Enomoto (Direktur. ICOM)

Perusahaan yang berbasis di Osaka tersebut memiliki beberapa kantor di negara lain, termasuk Amerika Serikat, Jerman, dan China. 

ICOM, mengatakan, model 'IC-V82' yang terlihat pada gambar ledakan tersebut, merupakan model yang sudah tak diproduksi sejak 2014 lalu. 

Alasan Hizbullah masih Gunakan Pager.? 

tambahan informasi • Hizbullah telah menggunakan pager sebagai sarana komunikasi selama bertahun-tahun. 

belum lama ini, pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah memperingatkan anggota kelompoknya untuk tidak membawa ponsel. 

Hassan, mengatakan, ponsel dapat digunakan oleh militer Israel untuk melacak pergerakan pasukannya.

Pager juga beroperasi pada jaringan nirkabel yang berbeda dari telepon seluler, yang biasanya membuatnya lebih tangguh dalam keadaan darurat.

bagi kelompok seperti; Hizbullah, pager menyediakan sarana untuk menghindari pengawasan elektronik intensif Israel pada jaringan telepon seluler di Lebanon, karena teknologi pager lebih sederhana dan memiliki risiko lebih rendah untuk komunikasi yang disadap.

Pager /atau penyeranta dalam bahasa Indonesia, merupakan alat komunikasi lawas. 

perangkat komunikasi elektronik tersebut, yang popularitasnya sudah menurun sejak ponsel mulai marak digunakan, menampilkan pesan teks pendek untuk pengguna yang kemudian disampaikan melalui telepon operator pusat.

tidak seperti telepon seluler yang mengirim dan menerima data lewat internet, pager bekerja pada gelombang radio khusus. 

Operator mengirimkan pesan melalui frekuensi radio yang unik untuk setiap perangkat pager.

Respons Amerika Serikat.? 

Amerika Serikat, mengatakan bahwa; mereka tidak tahu sebelumnya dan tidak terlibat dalam ledakan massal pager yang digunakan oleh Hizbullah di Lebanon. 

bahkan mendesak Iran menahan diri karena salah satu pejabatnya, Duta Besar Iran di Beirut, juga ikut terluka akibat ledakan pager.

"Saya dapat memberi tahu Anda, bahwa; AS tidak terlibat di dalamnya, AS tidak mengetahui insiden ini sebelumnya dan, pada titik ini, kami sedang mengumpulkan informasi,"

"Kami mendesak Iran untuk tidak memanfaatkan insiden apa pun untuk mencoba menambah ketidakstabilan lebih lanjut dan meningkatkan ketegangan di kawasan itu,"|Matthew Miller (Jubir. Kementerian Luar Negeri AS) kepada wartawan, dikutip dari AFP, Rabu, (18/09/24).

sementara, seorang Diplomat senior AS, Amos Hochstein, yang sehari sebelumnya bertemu dengan PM Israel, Benjamin Netanyahu, berusaha menenangkan situasi. 

Amos, mengatakan, semua pihak harus berusaha mencegah perang skala penuh melawan Lebanon.

"Kami ingin melihat resolusi diplomatik untuk konflik antara Israel dan Hizbullah,"|Miller (Diplomat AS) 

Namun, Miller, mengatakan, Hizbullah adalah sasaran yang sah untuk diserang. 

AS selama ini telah memasukkan kelompok itu sebagai organisasi teroris.

"Anggota teroris dari organisasi teroris adalah target yang sah bagi negara-negara untuk melancarkan operasi terhadap mereka,"|Miller (Diplomat AS) 

di sisi lain, seorang pejabat Amerika, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan Israel memberi pengarahan kepada AS tentang operasi tersebut, di mana sejumlah kecil bahan peledak yang disembunyikan di pager diledakkan.

Rusia Mengutuk Keras Peristiwa Ledakan di Lebanon.! 

Rusia mengutuk peristiwa ledakan di Lebanon yang melibatkan ledakan ratusan perangkat pager yang digunakan oleh kelompok militan Hizbullah.

Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan bahwa; insiden ini memperburuk situasi di kawasan yang sudah berada dalam kondisi "eksplosif."

"Apapun yang terjadi, jelas akan menyebabkan peningkatan ketegangan," 

"Kawasan tersebut sudah dalam situasi yang sangat tegang..,"

"dan setiap insiden seperti ini bisa menjadi pemicu."|Peskov (Jubir Kremlin), kepada wartawan, dilansir AFP, Rabu, (18/09/24).

Kementerian Luar Negeri Rusia juga mengecam peristiwa tersebut dalam pernyataan resmi sebelumnya.

"Kami sangat mengutuk serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Lebanon, negara yang bersahabat, dan warganya, yang merupakan pelanggaran mencolok terhadap kedaulatan Lebanon serta tantangan serius terhadap hukum internasional dengan penggunaan senjata yang tidak konvensional,"|Maria Zakharova (Jubir. Kementerian Luar Negeri Rusia) 

Zakharova, melanjutkan, di tengah meningkatnya ketegangan di sepanjang perbatasan Lebanon-Israel, tindakan yang tidak bertanggung jawab seperti ini berpotensi memicu eskalasi baru yang sangat berbahaya. 

Rusia menyerukan semua pihak yang terlibat untuk menahan diri.

Turki Blak-blakan Tuduh Israel.? 

terkait peristiwa tersebut, Turki menuduh Israel berupaya memperluas perang di Gaza hingga ke Lebanon setelah serangkaian ledakan mematikan mengguncang wilayah-wilayah yang dikuasai oleh Hizbullah.

Menteri Luar Negeri Turki, Hakan Fidan, mengatakan, eskalasi ini sebagai hal yang "mengkhawatirkan" dalam wawancaranya di televisi TRT milik pemerintah Turki, Kamis, (19/09/24). 

"Eskalasi di wilayah ini sangat mengkhawatirkan,"

 "Kami melihat Israel secara bertahap meningkatkan serangannya ke arah Lebanon."|Fidan (Menlu Turki) 

Turki secara langsung menyalahkan Israel atas ledakan-ledakan ini.

"Kami telah mencapai titik di mana operasi-operasi yang dilakukan Israel semakin provokatif, dan sebagai tanggapan, Iran, Hezbollah, dan elemen-elemen yang berafiliasi dengan mereka tidak memiliki pilihan selain merespons,"|Fidan (Menlu Turki)

sebelumnya, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan  menelepon Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati untuk menyampaikan belasungkawa atas serangkaian ledakan mematikan tersebut.

Erdogan, yang dikenal sebagai pengkritik vokal serangan Israel di Gaza, kembali menegaskan dukungannya terhadap Lebanon dalam percakapan tersebut.

Kecaman dari Belgia.? 

Wakil Perdana Menteri Belgia, Petra de Sutter, Rabu, (19/09/24) "mengutuk keras" serangan terhadap anggota Hizbullah di Lebanon dan Suriah. 

Hal tersebut, di sampaikan Petra, melalui akun media sosial X.

Dalam tulisannya, ia menggambarkan insiden tersebut sebagai "serangan teror besar-besaran" dan "eskalasi kekerasan yang brutal."

"Diam bukanlah pilihan,"

"Investigasi internasional diperlukan,"

"Pertumpahan darah harus diakhiri,"|Petra (Wakil PM Belgia) dikutip dari Anadolu Agency.

Hal yang sama juga disampaikan oleh anggota parlemen Uni Eropa asal Belgia, Marc Botenga. 

"Mengapa pemerintah kita tidak mengutuk tindakan meledakkan pager (yang juga digunakan oleh dokter dan perawat) di supermarket dan tempat umum, yang menewaskan seorang gadis berusia 10 tahun, dan melukai ribuan orang.?"|Botenga (Anggota Parlemen Uni Eropa), melalui media sosial X.

BERSUARA KERAS untuk Demokrasi dan Keadilan dan Kejujuran.

Informasi Artikel:

| Konteks: Perang, Militer, Sosial, Teknologi, 

| Penulis: W.J.B

| Sumber: IDF, BAC Consulting, ICOM, AFP, The Guardian, Reuters, AP, TRT, Anadolu Agency, 

| Penerbit: Kupang TIMES 

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Copyright © 2022 The Kupang Times Newsroom.com ™ Design By The Kupang Times Newsroom.com ®