RESMI.! Ratu Margrethe II, MUNDUR dari Takhta Kerajaan Denmark.?

Edisi: 646

Halaman 3

43 Hari Lagi

       Foto: NYT|Properti

DENMARK, KUPANG TIMES - Ratu Kerajaan Denmark, Margrethe II, mengumumkan pengunduran diri dari takhta kerajaan, Minggu, (31/12/23), setelah 52 tahun memimpin Kerajaan Denmark.

dalam pidato resmi, yang di-siarkan stasiun televisi setempat, saat rakyat Denmark sedang bersiap-siap menyambut tahun baru, Margrethe II, mengumumkan, pengunduran diri sebagai Ratu Kerajaan Denmark, pada Minggu, 14 Januari 2024 mendatang.

“Saya akan menyerahkan takhta kepada putra saya, Putra Mahkota Frederik,”|Margrethe II (Ratu Kerajaan Denmark), di-lansir dari New York Times dan BBC

Timeline • Margrethe II (83th) menjadi satu-satunya ratu yang masih berkuasa di dunia dan penguasa terlama kerajaan di Eropa sejak Ratu Elizabeth II meninggal pada 8 September 2022 lalu.

Margrethe II, naik takhta, setelah kematian ayah-nya, Raja Frederik IX, pada 1972 silam.

Ratu Margrethe II mengungkapkan, keputusan-nya di-ambil setelah berpikir panjang usai operasi punggung pada awal 2023.

“Operasi ini secara alami memunculkan pemikiran tentang masa depan--apakah sudah tiba waktu-nya menyerahkan tanggung jawab kepada generasi berikut-nya,” 

“Saya memutuskan sekarang waktu yang tepat,”

"Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat Denmark atas dukungan-nya, selama bertahun-tahun,"|Margrethe II (Ratu Kerajaan Denmark)

Perdana Menteri Denmark, Mette Frederiksen, kemudian mengucapkan terima kasih kepada Ratu Margrethe II atas jasa-jasa-nya.

"Banyak dari kita yang belum pernah mengenal bangsawan lain,"

"Ratu Margrethe adalah lambang Denmark dan selama bertahun-tahun mencurahkan kata-kata dan perasaan-nya ke dalam diri kita sebagai bangsa dan negara,"|Mette Frederiksen (PM Denmark)

untuk di-ketahui • Berbeda dengan tradisi kerajaan Inggris, tidak akan ada upacara penobatan resmi bagi Putra Mahkota Frederik yang berusia 55 tahun.

Penobatan-nya akan di-lakukan di Kastil Amalienborg, Kopenhagen.

Frederik akan menggantikan Ratu Margrethe II sebagai penguasa Kerajaan Denmark dan kepala negara di Denmark yang merupakan monarki konstitusional, serta di Greenland dan Kepulauan Faroe.

Suara Penentu • AYO Sukseskan Pemilu 2024.!

| Narasi: Kerajaan, Pemerintah, 

| Text: W.J.B

| Sumber Literasi: Kerajaan Denmark, BBC, New York Times, 

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Copyright © 2022 The Kupang Times Newsroom.com ™ Design By The Kupang Times Newsroom.com ®