DEBAT PILPRES 2024.! Anies dan Ganjar KRITIK Prabowo, Terkait Pembelian Alutsista Bekas.!

Edisi: 653

Halaman 2

36 Hari Lagi

       Foto: KT|Properti

JAKARTA, KUPANG TIMES - Calon Presiden Indonesia, nomor urut 3 (tiga), Ganjar Pranowo, meminta capres, nomor urut 2 (dua), Prabowo Subianto, yang juga Menteri Pertahanan RI, untuk menjelaskan rencana pembelian 12 jet tempur bekas dari Qatar. 

Hal tersebut di-sampaikan Ganjar dalam Debat Capres yang di selenggarakan KPU RI di Jakarta, Minggu, (07/01/24). 

Ganjar, mengatakan, tidak setuju dengan rencana tersebut karena dapat membahayakan prajurit TNI.

"Kasihan prajurit, kalau pilot-nya mesti di-latih 3 tahun dan pesawat-nya bekas dan pilot harus datang pelatihan lagi dengan risiko tinggi,"

"tentu itu sangat berbahaya,"|Ganjar Pranowo (capres Indo 03)

Ganjar, mengatakan, pembelian Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (Alutsista), memang membutuhkan kecukupan anggaran. 

Karena itu, Ganjar, akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dapat mencapai 7%. 

Hal tersebut untuk bisa mengupayakan alokasi anggaran pertahanan menjadi 1% hingga 2% dari produk domestik bruto (PDB).

menurut-nya, belanja pertahanan tersebut akan di-lakukan secara proporsional, yaitu; di-mulai dari matra laut dan udara yang membutuhkan pembaruan Alutsista. 

Selain itu, Ganjar, mengatakan, perlu bekerja sama dengan BUMN Pertahanan untuk belanja Alutsista, seperti; PT. Pindad, PT PAL Indonesia, PT Dirgantara Indonesia, dan PT LEN Indonesia.

Tidak jauh berbeda, Capres, nomor urut 2 (dua), Anies Baswedan, juga mengkritik rencana pembelian pesawat bekas tersebut. 

Selain itu, Anies, juga mengingatkan agar belanja Alutsista di-lakukan dengan bersih dan tidak melibatkan korporasi yang bermasalah.

"dengan begitu maka bukan saja anggarannya efisien, tapi tidak bocor dalam belanja Alutsista,"|Anies Baswedan (capres Indo 01) 

Anies, sependapat dengan Ganjar, untuk memanfaatkan sumber daya lokal dalam bidang pertahanan. 

Namun, Anies, berpendapat, perlu-nya mendorong generasi baru untuk terus belajar ilmu dalam bidang Alutsista agar kondisi di dalam negeri dapat lebih maju pada masa mendatang.

Anies juga berpendapat bahwa; pertahanan harus dapat menjawab tantangan kondisi terkini, antara lain serangan digital, perdagangan manusia, hingga narkoba. 

Karena itu, Anies menilai perlu ada perubahan kebijakan pertahanan karena, menurut-nya; Kementerian Pertahanan sekarang gagal menjawab persoalan tersebut.

menanggapi Kritikan Ganjar dan Anies, capres, yang juga Menhan RI, Prabowo Subianto, mengatakan, alat perang, seperti; pesawat dan kapal memiliki usia pakai sekitar 25-30 tahun. 

Sedangkan 12 jet tempur bekas dari Qatar yang akan di-datangkan masih berusia sekitar 15 tahun. 

dan Prabowo juga mengatakan bahwa; jet tempur dari Qatar masih bisa di-gunakan.

"Jadi bukan soal bekas dan tidak bekas, tapi usia pakai /atau kemudaan, misal-nya: pesawat Mirage 2000-5 di Qatar itu usia pakai-nya masih 15 tahun,"|Prabowo Subianto (capres Indo 02) 

Prabowo, menambahkan, opsi rencana pembelian pesawat bekas di-lakukan, karena pembelian pesawat baru harus menunggu waktu 3 tahun dan baru dapat beroperasi setelah 7 tahun. 

Karena itu, menurut-nya, pembelian pesawat bekas tersebut cukup masuk akal untuk menciptakan efek deteren /atau efek gentar bagi negara-negara lain.

Suara Penentu • AYO Sukseskan Pemilu 2024.!

| Narasi: Politik, 

| Text: W.J.B

| Sumber Literasi: KPU RI, 

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Copyright © 2022 The Kupang Times Newsroom.com ™ Design By The Kupang Times Newsroom.com ®