Gempa Bumi Mag 6.3 di Kupang Sebabkan Kerusakan Bangunan.! "Tidak Berpotensi Tsunami,"

Edisi: 586

Halaman 4

       Foto: Unplash|Properti

KUPANG TIMES - Gempa bumi dengan magnitudo 6.3 yang sebelumnya di-ketahui 6.6 menimbulkan sejumlah kerusakan bangunan ringan di Kupang dan sekitar-nya, Kamis, (02/11/23) pagi tadi. 

informasi tersebut, di-sampaikan oleh Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono.

“di-laporkan, dampak gempa Kupang M 6.3, ini telah menimbulkan terjadinya kerusakan ringan pada beberapa bangunan dan rumah di Kupang,”

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI,”|Daryono (Kepala BMKG), dalam cuitan di media sosial X

Daryono, juga menjelaskan, jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter-nya, gempa bumi terebut merupakan gempa kerak dangkal.

“dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa Kupang M6,3 ini merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crutal earthquake) di-picu aktivitas sesar aktif,”

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault),”

"gempa Kupang M6.3 di-rasakan di Kupang dengan skala intensitas VI MMI, di Kab. Timor Tengah Selatan, dengan skala intensitas IV-V MMI, di Rote dan Waingapu dengan intensitas III MMI, dan di Alor dengan skala intensitas II MMI,"|Daryono (Kepala BMKG)

Daryono, kembali melanjutkan, hingga pukul 05.20 WIB, hasil monitoring BMKG terhadap Gempa Kupang M6.3 menunjukkan telah terjadi dua aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

“Pada pukul 04:28 WIB dengan magnitudo M 3.5 dan pada pukul 05:03 WIB dengan magnitudo M 3.4,”

“Tampaknya pemicu gempa Kupang M6,3 ini berkaitan dgn deformasi pada bending slab australia purba di bawah kupang (boleh bayangkan sumber gempa ini semacam outerrise),”|Daryono (Kepala BMKG)

Lebih lanjut, Daryono, mengatakan, gempa Kupang magnitudo 6.3 dengan kerusakan ringan bukti terjadi de-amplifikasi site di Kupang karena dominasi batuan keras (hard-rock) di wilayah tersebut.

AYO Sukseskan Pemilu 2024.!

| Narasi: Climate, 

| Text: W.J.B

| Sumber Literasi: BMKG, 

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Copyright © 2022 The Kupang Times Newsroom.com ™ Design By The Kupang Times Newsroom.com ®