ENSIKLOPEDI: "Kenal lebih dalam, sama Benyamin S, Si Seniman Kampung,"

Edisi: 603

Halaman 1

       Foto: berbagai sumber

KUPANG TIMES - Benyamin S, aktor kelahiran Jakarta, 05 Maret 1939, dari pasangan Suaeb-Siti Aisyah, sejak kecil, sudah terlihat bakat seni akting-nya. 

Nama Benyamin Suaeb, semakin melambung di dunia hiburan tanah air, saat diri-nya peran sebagai Jamal dalam film Intan Berduri, yang di-rilis pada tahun 1972.

dari film tersebut, Benyamin S, sukses meraih Piala Citra, sebagai aktor terbaik, dalam Festival Film Indonesia, tahun 1973, di Jakarta. 

di film produksi Ke-28 Sarinande Film, Benyamin S berduet dengan Rima Melati, yang berperan sebagai Saleha, isteri Jamal. 

dan Rima Melati, juga sukses meraih aktris terbaik, dalam FFI 1973.

waktu duduk di bangku SMA, tahun 1957, Bang Ben, pernah grup band musik, Melodyan Boys. 

grup band tersebut, kemudian berganti nama, menjadi Melodi Ria, karena Presiden RI, Soekarno, melarang segala sesuatu yang berhubungan dengan barat /atau musik ngak-ngik-ngok. 

Benyamin S, juga pernah bergabung dengan Jack Lesmana, salah satu musisi Jazz Indonesia, dan melakukan show di Hotel Des Indes, Jakarta. 

bakat nyanyi yang di-miliki Benyamin S, membuat Babe (ayah si Doel) menciptakan dan menyanyikan ratusan lagu dengan berbagai genre lagu. 

setidak-nya, ada 13 piringan hitam, yang di-miliki bang Ben. 

piringan hitam pertama yang di-miliki Benyamin S adalah "Kancil Kesasar," tahun 1964.

dari bakat nyanyi-nya, film-film yang di-bintangi Babe, selalu di-selingi dengan lagu-lagu yang di-nyanyikan Babe sendiri, baik itu solo mau-pun duet. 

Pasangan duet-nya, dalam bernyanyi adalah Ida Royani. 

peran-nya sebagai Doel, dalam film Si Doel Anak Modern, tahun 1976, karya sutradara Sjumandjaja, berhasil mengantar-nya meraih Piala Citra Ke-2 di FFI tahun 1977 di Jakarta. 

selain menjadi aktor, Babe, juga membuat skenario, untuk film, produksi-nya sendiri, seperti; Betty Bencong Slebor (1978), • Koboi Insyaf (1984), • dan Benyamin Slonong Boy. 

BABE telah meninggalkan Kita, namun Kita tetap mengenang-nya. 

apa-lagi, sebagai penghargaan atas karya-karyanya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, menjadikan nama Benyamin Suaeb, sebagai nama jalan di wilayah Kemayoran. 

Suara Penentu • AYO Sukseskan Pemilu 2024.!

| Narasi: Seniman, Sejarah, Pendidikan, 

| Text: W.J.B

| Sumber Literasi: berbagai sumber, 

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Copyright © 2022 The Kupang Times Newsroom.com ™ Design By The Kupang Times Newsroom.com ®