Presiden RI, Jokowi: "Insyaallah Tahun Depan Upacara HUT RI di IKN,"

Edisi: 510

Halaman 1

       Foto: capture setkab youtube channel

JAKARTA, KUPANG TIMES - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengatakan, tahun 2024, perayaan upacara peringatan 17 Agustus, sudah bisa di-laksanakan, di Ibu Kota Nusantara /atau IKN, yang berada di Provinsi Kalimantan Timur.

"Insyaallah, Tahun depan Insyaallah (upacara HUT RI) sudah di IKN,"

"Kita lihat nanti,"|Jokowi (Presiden RI)

Presiden RI, Jokowi, juga mengatakan dan menyampaikan harapan-nya, "Dirgahayu Ke-78th Republik Indonesia, Negara Kesatuan Republik Indonesia, bisa terus menjadi bangsa yang kuat,"

"Apalagi, Indonesia memiliki keragaman budaya, bahasa, suku, dan adat istiadat,"

"Seperti yang kita lihat di Istana, keberagaman di-padukan dengan keberanekaragam bermacam-macam baju adat yang kita pakai dan ya ini-lah sebetulnya kekuatan negara kita,"

"Kekuatan Indonesia yang keberagaman yang bisa dipersatukan,"

"Jadi kalau kita bersatu, solid, kompak, itulah kekuatan besar Indonesia,"|Jokowi (Presiden RI) saat bertemu dengan awak media yang bertugas di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, (17/08/23)

Pada kesempatan yang sama, Presiden RI, Jokowi, menjelaskan mengenai busana adat yang di-kenakannya pada hari ini, yakni; "Ageman Songkok Singkepan Ageng,"

Berdasarkan keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden, busana adat tersebut biasa-nya di-pakai oleh para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji, yakni; saat raja keluar dari keraton dengan menaiki kereta kuda, di-ikuti dengan perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi kawulo/atau masyarakat. 

Dalam pelaksanaan-nya, di sepanjang jalan, sang raja membagikan uang dan makanan sebagai rasa cinta kasih kepada kawulo-nya atau bisa disebut dengan turuba (turun ke bawah).

               Foto: BPMI|Properti

Untuk di-ketahui, Presiden RI, Jokowi merupakan presiden pertama, yang memulai tradisi mengenakan baju tradisional dalam upacara HUT RI.

Pemakaian baju tradisional Nusantara sebagai dress code dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi, di-inisiasi oleh Presiden RI, Jokowi, sejak tahun 2017 silam, tepatnya pada HUT ke-72 RI.

saat itu, Presiden RI, Jokowi, mengatakan, pemakaian baju adat di-lakukan, untuk menunjukkan Indonesia memiliki kekayaan budaya yang beragam.

Sejak tahun 2017 hingga saat ini, Presiden RI, Jokowi, beserta seluruh tamu dan pejabat yang menghadiri upacara peringatan kemerdekaan, mengenakan busana adat suku-suku di Indonesia.

            Infografis Perupadata|Properti

| Narasi: Pemerintah, Budaya, 

|Text: W.J.B

| Sumber Literasi: BPMI, Setkab, KSP, Perupadata, 

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Copyright © 2022 The Kupang Times Newsroom.com ™ Design By The Kupang Times Newsroom.com ®