YUK.. Kenal Sama, Pemburu dan Peramu Herbal Terakhir di Pulau Kalimantan.!

Edisi: 471
Halaman 2

       Foto: CNN|Properti • Pemburu, dari Suku 
       Punan Batu Sajau

PROV. KALUT, KUPANG TIMES - Ketika Kita berbicara tentang Indonesia, berarti Kita akan mengawali pembicaraan tentang Tradisi dan Culture /atau Budaya.

Tradisi dan Budaya di Indonesia, tidak sama, karena topografi, lingkungan, dan alam.

dan hari ini, Kita akan mengenal Suku Punan Batu Sajau, yang menjadi Pemburu dan Peramu Herbal TERAKHIR di Pulau Kalimantan.

Suku Punan Batu Sajau, tinggal di Kawasan Hutan Gunung Batu Benau, Desa Sajau, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara.

Kehidupan masyarakat suku Punan Batu Sajau, sangat bergantung dengan berburu dan meramu hasil bumi, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

dan saat ini, hanya tersisa 103 warga adat, yang memilih untuk hidup semi nomaden, di pondok, yang di-bangun di Hutan dan di-dalam gua Karst, di dalam kawasan Hutan Gunung Batu Benau.

dalam keseharian-nya, masyarakat Suku Punan Batu Sajau, berjalan kaki, menelusuri hutan, untuk mencari makan, seperti; umbi-umbian, hewan, dan madu.

Namun, akhir-akhir ini, masyarakat Suku Punan Batu Sajau, mengalami kesulitan dalam menjalankan aktivitas-nya, yang di-sebabkan pembangunan perkebunan kelapa sawit, yang cukup masif di wilayah perburuan masyarakat suku Punan Batu Sajau.

       Foto: CNN|Properti • Peramu, dari Suku 
       Punan Batu Sajau

|Narasi: Budaya, Tradisi, Pemerintah, Hukum,
|Teks: W.J.B
|Sumber Literasi: CNN, Pemprov. Kalimantan Utara,

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Copyright © 2022 The Kupang Times Newsroom.com ™ Design By The Kupang Times Newsroom.com ®