"Manusia Jawa," Belum Bisa Pulang Ke Indonesia.?

Edisi: 475
Halaman 3

 

       Foto: Getty Image|Properti • "Java Man,"

BELANDA, KUPANG TIMES - Sebanyak 472 Koleksi artefak bersejarah, resmi di-kembalikan Pemerintah Belanda ke Pemerintah Indonesia di Museum Volkenkunde, Leiden, Belanda, Senin, (10/07/23).

Namun, di tengah proses pengembalian ratusan artefak bersejarah milik Indonesia, Pemerintah Belanda, belum dapat mengembalikan kerangka "Java Man," /atau "Manusia Jawa,"

Sebelum-nya, Pemerintah Indonesia sudah pernah mengajukan permohonan pengembalian salah satu objek paling berharga tersebut, pada tahun 1975 lalu.

Jadi secara resmi, "Manusia Jawa," belum bisa pulang ke Indonesia.

"Java Man," merupakan fosil manusia tertua, yang pernah di-temukan oleh paleontologi dan antropolog, asal Belanda, Eugene Dubois, di desa Sangiran, Prov. Jawa Tengah, pada tahun 1891 hingga 1892.

Saat ini, kerangka "Manusia Jawa," berada di Pusat Keanekaragaman Hayati Naturalis di Leiden, sebagai penemuan penting, dalam proses evolusi manusia.

Wakil Kepala Bidang Budaya dan Kamunikasi, Kedutaan Besar Belanda, Jaef de Boer, mengatakan bahwa; "memang koleksi, hasil ekskavasi Eugene Dubois, belum di sertakan ke dalam daftar benda-benda bersejarah, yang akan di-kembalikan oleh Pemerintah Belanda ke Pemerintah Indonesia,"

|Narasi: Pemerintah, Artefak, Sejarah,
|Teks: W.J.B
|Sumber Literasi: Museum Leiden, Eugene Dubois, Jaef de Boer,

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Copyright © 2022 The Kupang Times Newsroom.com ™ Design By The Kupang Times Newsroom.com ®